Rabu, 16 April 2008

PERUSAHAAN E-COMMERCE

Pada saat ini banyak sekali menggunakan e-commerce karena dengan berdagang atau berbisnis melalui internet sangatlah mudah. Banyak sekali situs-situs yang menawarkan berbagai macam jenis barang dan jasa, misalnya: Amazon.com, ebay.com, fastncheap.com, bhineka.com dll. Kita sebagai konsumen bisa memanfaatkannya untuk membeli sebuah produk yang kita perlukan. Dalam situs tersebut menawarkan berbagai macam produk yang berbeda-beda dan beraneka ragam atau hanya menawarkan satu macam jenis produk dan tentunya dengan kualitas yang baik dan pelayanan yang memuaskan.

Dalam situs amazon.com perusahaannya menjual berbagai macam jenis produk seperti: perhiasan, jam tangan, celana, baju dan buku. Begitu juga dengan ebay.com mereka menawarkan produk berupa buku, computer, dan mobil. Kedua perusahaan tersebut sama-sama menawarkan berbagai jenis produk yang bervariasi (banyak pilihan). Berbeda dengan fastncheap.com dan bhineka.com mereka hanya menjual produk berupa computer (hanya menjual satu jenis produk). Setipa perusahaan berbeda-beda dalam menawarkan produknyatetapi mereka sudah menentukan sejak awal produk yang akan dijual. Dalam hal ini pasti ada keuntungan dan kerugian dimana perusahaan tidak akan susah mendapatkan konsumen sebagai pelanggannya yang butuh produknya (computer dan berbagai macam produk) karena sudah di pisah berdasarkan jenis produknya.

Ebay.com dan amazon.com lebih cenderung menjual produk yang bervariasi, mungkin dalam hal ini strateginya untuk menerik konsumen agar dapat memilih produk-produk lainnya. Dengan bervariasi produk konsumen akan senang karena beranggapan perusahaan tersebut memiliki berbagai macam produk yang lengkap (dijual). Dengan produk yang akan dijual pastinya memiliki kualitas yang bagus sehingga konsumen merasa puas. Jika hanya menjual satu macam produk akan terkesan monoton dan konsumen bisa saja merasa bosan karena tidak ada pilihan lain (produk). Dalam perdagangan e-commerce tidaklah mudah karena bersifat maya sehingga konsumen tidak mengetahui secara langsung produk atau jasa yang ditawarkan. Jadi setiap perusahaan yang menggunakan e-commerce seharunya bisa memberikan pelayanan yang baik agar konsumen percaya dan tidak mersa di tipu. Tergantung perusahaan produk apa yang akan dijual, tentunya dengan strategi yang ampuh agar produknya laris terjual. Meskipun hanya menjual satu jenis produk harus lebih kreatif dalam mengenalkan produknya.





Tidak ada komentar: